Minggu, 08 Maret 2009

Bangga Adanya Penerbangan Merpati


Pemda dan Masyarakat Poso
Bangga Adanya Penerbangan Merpati

Merpati Air Lines merupakan salah satu jalur transportasi udara yang pernah beroperasi beberapa tahun lalu di Kabupaten Poso, kini hadir kembali di tengah-tengah masyarakat sebagai jasa penerbangan dalam melayani dan memudahkan masyarakat sebagai jasa pengguna transportasi udara. Penerbangan Merpati jenis Cassa yang sebelumnya tahun 2007 hingga 2008 pemerintah daerah telah memberikan subsidi melalui dana APBD, dan disaat tahun 2009 ini penerbangan Merpati masuk dalam APBN.
Penerbangan ini juga (Merpati) adalah merupakan salah satu kebutuhan masyarakat, sebagaimana tuntunan dalam perkembangan zaman di era modern. Sehingga Pemerintah Daerah (Pemda) dan masyarakat sangat mendukung dan merespon atas kehadiran jasa penerbangan Merpati yang telah beroperasi kembali di Kabupaten Poso sebagai sarana transportasi udara.
Disamping itu juga dalam memelihara hubungan kerjasama antara Pemda dengan jasa penerbangan Merpati perlu adanya 3 (tiga) hal yang pokok. “Pertama, dengan adanya penerbangan ini, kita memberikan kemudahan bagi masyarakat karena ini juga merupakan salah satu fungsi pemerintah. Kedua, dapat memberikan kontribusi terhadap pelaksanaan pembangunan, sebab ini juga mempengaruhi peningkatan perekonomian. Dan ketiga, dapat menciptakan sebagai wahana rekonsiliasi yang akan terjadi secara alami,” kata Wabup Poso Abdul Muthalib Rimi,SH,MH saat pengoperasiaan kembali penerbangan pesawat Merpati di agen perwakilan Merpati di Poso, Jum’at (6/3).
“Olehnya, kedepan penerbangan Merpati dengan rute Palu – Poso – Gorontalo dan Gorontalo – Poso – Palu ini, bisa mengembangkan penerbangannya dengan rute Poso – Makassar, sebagaimana harapan dan dambaan pemerintah daerah utamanya masyarakat di Kabupaten Poso. Sebab kehadiran Merpati sebagai penerbangan perintis, adalah merupakan satu bagian kewajiban pemerintah daerah dalam memberikan pelayanan kepada masyarakat yang ada,” harap Wabup saat menyampaikan pesan Bupati Poso kepada krue penerbangan Merpati.
Katrin MA mengatakan, salah satu tugas merpati nusantara air lines sebagai jembatan udara nusantara, adalah menerbangi dan membuka daerah-daerah perintis. “Telah beroperasinya kembali penerbangan (Merpati) dan mempunyai Agen Perwakilan di Poso (GSA), juga merupakan dukungan dari Pemerintah Daerah terlebih kepada masyarakat Poso. Oleh karenanya, perkembangan suatu daerah juga ditentukan oleh lancarnya transportasi khususnya transportasi bidang udara,” jelas Katrin MA selaku Distrik Manager Merpati Cabang Palu.
Sementara Kabag Humas Setdakab Poso, Amir Kiat,SH, menyampaikan, telah beroperasinya kembali penerbangan Merpati ini, tak lain merupakan dukungan dan kerjasama antara Pemda Poso dan pihak Merpati Air Lines dalam membantu masyarakat melalui jalur transportasi udara. “Juga pada jadwal penerbangan Merpati ini, untuk rute Poso – Gorontalo pemberangkatannya hari Jum’at pukul 11.45 wita dengan tarif 185.000 rupiah. Dan rute Poso – Palu pemberangkatannya hari Jum’at pukul 15.00 wita, dengan tarif 171.000 rupiah. Untuk itu marilah masyarakat Poso menggunakan jasa penerbangan ini, karena selain dengan menyiadakan tarif murah, ini juga merupakan upaya pemerintah dalam memajukan perekonomian di Kabupaten Poso melalui penggunaan jalur transportasi udara,” ucap Amir Kiat selaku juru bicara Pemda Poso.
Pengoperasian kembali Pesawat Merpati di Poso ditandai dengan pengguntingan Pita di Agen Perwakilan (GSA) oleh Wabup Poso, serta pemberian bingkisan dari Manager Merpati Palu kepada pejabat daerah dan pimpinan bank BRI, dihadiri Assisten Pemerintahan Setdakab Poso Drs. Moh.Salmin, Kadis Perhubungan, Komunikasi dan Informatika Poso Husni Moh.Kasim,SH, Kabag Humas Setdakab Poso Amir Kiat,SH, Kabag Administrasi Perekonomian Atmadjaya Mardjun,S.Sos,MM, Pimpinan Agen Perwakilan Merpati Poso Ira Mokoagow, para BUMN, BUMD, para Pilot Merpati, serta tamu undangan. Serta pemberangkatan gratis kepada 4 pejabat Pemkab Poso, rute penerbangan Poso – Palu di Bandara Kasiguncu Poso.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar