Kamis, 12 Maret 2009

FORUM SKPD DAN MUSREMBANG RKPD




Bupati poso Drs. Piet Inkiriwang, MM membuka kegiatan Forum Satuan Kerja Perangkat Daerah (FORUM–SKPD) dan Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (MUSREMBANG RKPD) Tahun 2009 bertempat di ruang Meeting Room Kantor BAPEDDA, Rabu 11 Maret 2009.
Hadir pula pada kesempatan tersebut Ketua Bapedda Propinsi Sulawesi Tengah Rais Lamangkona ,ST Ketua DPRD Poso yang diwakili Burhanudin Hamzah, MUSPIDA Kabupaten Poso, Para Camat, Tokoh Agama, Tokoh Masyarakat, Tokoh Pemuda dan Perempuan serta seluruh Peserta Forum SKPD dan Musrembang RKPD.
Acara diawali dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Indonesia Raya. Dalam Laporan Panitia yang dibacakan Ketua BAPPEDA Poso J. Tumiwa Menyampaikan Dasar Pelaksanaan Kegiatan ini mengaju pada UU Nomor 17 Tahun 2003, UU No 25 Tahun 2004, Surat Edaran Gubernur Sulawesi Tengah Nomor 050/06/BAPEDA Tanggal 08 Januari 2009 Tentang Jadwal dan Penyelanggaraan Perencanaan Pembangunaan. Peserta Kegiatan Forum SKPD dan Musrembang RKPD Kabupaten Poso terdiri dari para delegasi Kelompok – kelompok masyarakat di tingkat tinggi Kabupaten yang berkaitan langsung dengan fungsi RKPD atau Gabungan SKPD dan delegasi dari Kecamatan yang keseluruhan berjumlah 105 Orang, dan kegitan ini akan berlangsung dari tanggal 11 – 12 Maret 2009.
Disisi lain ketua BAPEDDA Propinsi Sulawesi Tengah Rais Lamangkona Urainya menyampaikan bahawa diterbitkannya UU Nomor 25 Tahun 2004 tentang sistem Perancanaan Pembangunan Nasional berimplikasi pada perlunya penyempurnaan Sistem Perencanaan Pembangunaan Nasional baik pada aspek proses, mekanisme maupun tahadapan Musyawarah perencanaan baik di tingkat Pusat maupun Daerah, maka dalam rangka menyusun Rencana Kerja Pemerintah Daerah ( RKPD) Tahun 2010 yang berfungsi sebagai dokumen perencanaan tahunan serta sebagai tindak lanjut dari hasil pelaksanaan Musrembang RKPD Kabupaten harus diawali dengan penyelenggaran Forum SKPD guna sinkronisasi rencana program kegiatan antara pelaku pembangunan.
Sementara itu Bupati Poso Drs. Piet Ingkiriwang, MM dalam sambutannya mengatakan bahwa kegiatan Forum satuan kerja Perangkat daerah (SKPD ) dan Musrembang RKPD sebagai wadah untuk mensinkronkan usulan Prioriotas Program, sehingga tidak ada lagi usulan program / kegitan yang tidak melalui Forum ini kecuali Program / kegiatan yang bersifat Emergency.
Lanjut Bupati, secara Makro tujuan pembangunan daerah adalah untuk menciptakan lapangan kerja dan meningkatkan pendapatan masyarakat serta penanggulangan kemiskinan yang bermuara pada kesejahteraan masyarakat. Kita semua mengetahui bahwa tujuan pembagunaan daerah tidak dapat dicapai hanya dalam satu periode saja, oleh karena itu Forum Musyawarah Perencanaan Pembangunan yang harus dilaksanakan saat ini, supaya benar – benar dilakukan pembahasan terhadap program dan kegiatan prioritas yang kan dilaksanakan.
Bupati berharap melalui Forum SKPD dan Musrembang RKPD ini kita harus secara bijaksana dan mampu melihat hal – hal yang sifatnya prioritas sesuai kebutuhan dan bukan keinginan pribadi, kelompok, tetapi untuk kepentingan masyarakat secara keseluruhan dan juga dapat diselesaikan permasalahan yang berdampak luas pada penyelesaian permasalahan mendasar yang sedang dan akan dihadapi

Tidak ada komentar:

Posting Komentar