Minggu, 15 Maret 2009

KETUA KPU POSO DI SANDERA DEMONSTRAN


Wabup Poso Pimpin Upacara Gelar Pasukan dan Simulasi Sispam Kota Dalam Rangka Pemilu 2009 di Poso

Poso - Upacara Gelar Pasukan dan Simulasi Sispam Kota dalam rangka pengamanan Pemilu 2009, sebagai langkah untuk pengecekan kesiapan pasukan pengamanan untuk mengawal dan mengamankan jalannya pesta demokrasi di Kabupaten Poso. Sehingga baik saat tahap kampanye dan menjelang pemilu dalam menentukan anggota legislatif kabupaten/propinsi/pusat, tetap berjalan aman, damai, dan lancar.
Wakil Bupati Poso Abdul Muthalib Rimi,SH,MH mengatakan, dalam menghadapi situasi dan kondisi demi terselenggaranya pemilihan umum (Pemilu), aparat TNI/Polri dan aparatur Pemerintah serta komponen yang terkait mempunyai tugas dan tanggung jawab yang sangat berat. Olehnya, “pelaksanaan gelar pasukan dan simulasi sispam kota ini dapat menciptakan keterpaduan bagi seluruh petugas, baik aparat TNI/Polri, Linmas, dan komponen terkait lainnya,” harap Wabup Poso saat memberikan amanat Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM dalam upacara gelar pasukan dan simulasi sispam kota, yang berlangsung di lapangan sepakbola Pusalemba Poso, Kelurahan Kasintuwu, Kecamatan Poso Kota Utara, Minggu (15/3).
Untuk itu, “kita perlu meningkatkan kewaspadaan, jangan sampai kita terlena dengan situasi yang ada. Kita perlu belajar dari pengalaman yang lalu. Justru pada saat-saat seperti inilah para pelaku akan mengambil kesempatan untuk melakukan aksinya. Oleh karena itu kita dituntut peka dan jeli dalam mengamati situasi yang ada,” ajak Wabup Thalib.
“Kepada yang diberi tugas dan tanggung jawab untuk mengamankan jalannya pesta demokrasi ini sampai selesai, agar tetap memperhatikan jaringan koordinasi. Karena bagaimanapun juga semua tugas tanpa koordinasi yang baik, pasti tidak akan membuahkan hasil yang maksimal,” ingat Wabup.
Disamping itu juga, Wabup Poso menambahkan, kondisi keamanan, ketentraman, dan ketertiban yang pada hakekatnya sangat mempengaruhi jalannya pelaksanaan pemilu tahun 2009 ini, sehingga dengan kebersamaan dan kekompakan serta dibarengi dengan jiwa patriotisme dan keterpaduan seluruh komponen, ia (Wabup) meyakini seluruh komponen yang terlibat pada pelaksanaan kampanye dan pemilu akan mampu melaksanakan tugas itu dengan sukses.
“Jalankanlah tugas yang mulia itu dengan baik, jujur disertai tanggungjawab yang besar. Netral, adil, dan tidak berpihak pada satu kekuatan politik tertentu, agar pemilu mendatang dapat terselenggara dengan baik,” tutup Wabup saat bertindak sebagai inspektur upacara gelar pasukan.
Saat setelah upacara gelar pasukan ini, dilangsungkan dengan Simulasi yang diperagakan oleh satuan pengamanan pemilu dengan melakukan penculikan dan penyanderaan Ketua KPUD Poso; Iskandar lamuka. Simulasi ini juga berlangsung dibeberapa titik yang dianggap rawan saat menjelang Pemilu, yaitu di pasar sentral Poso, kantor DPRD Poso, Kantor Bupati Poso, dan kantor KPUD Poso.
Peserta upacara yang terdiri dari unsur TNI/Polri, Satuan Polisi Pamong Pamong Praja, Anggota Dinas Perhubungan Informasi dan Komunikasi, Linmas, dan satuan pemadaman kebakaran, dihadiri para Muspida Kabupaten Poso, pejabat TNI/Polri, para pejabat Pemerintah Daerah Kabupaten Poso, tokoh agama, adat, masyarakat, dan undangan lainnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar