Minggu, 10 Mei 2009

Gubernur Buka Resmi STQ ke-XX 2009 Tingkat Provinsi Sulteng

Poso - Senin malam (4/5), Gubernur Sulawesi Tengah HB. Paliudju membuka resmi pelaksanaan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XX tingkat Provinsi Sulawesi Tengah Tahun 2009 yang dipusatkan di lapangan Maroso Poso, Kelurahan Gebangrejo, Kecamatan Poso Kota. Acara yang ditandai dengan pemukulan beduk dan penekanan tombol sirene oleh Gubernur Sulteng ini dilangsungkan dengan berbagai atraksi kesenian dari Dinas Pemuda Olahraga, Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Poso, dan pelajar siswi-siswi dari Kabupaten Poso. Serta drumband dari Kabupaten Parigi dan Kabupaten Poso, iring-iringan Paskibraka dan kontestan para devile.
Pada pelaksanaan STQ yang akan dilombakan ditiga tempat dari tanggal 4 hingga 8 Mei 2009 ini, cabang Tilawah golongan dewasa putra-putri untuk Qori – Qori’ah dipusatkan di arena utama STQ, cabang Tafsis 1 juz dan 5 juz (di arena utama STQ) 10 dan 20 juz (Masjid Raya Baiturrahman Gebangrejo) 30 juz (Mesjid An-Nur Bonesompe), dan cabang Tafsir golongan Bahasa Arab (Mesjid An-Nur Bonesompe). “Peserta dan official pada STQ yang terdiri dari 10 kabupaten 1 kota adalah, Kabupaten Donggala 13 orang peserta, Poso 14 peserta, Banggai 14 peserta, Toli-Toli 11 peserta, Morowali 13 peserta, Buol 14 peserta, Bangkep 14 peserta, Parimo 14 peserta, Tojo Una-Una 14 peserta, Kabupaten Sigi 13 peserta dan Kota Palu 14 peserta, yang masing-masing 2 official dari tiap kabupaten dan kota. Dengan total keseluruhan 148 orang peserta dan 22 orang official,” jelas Wabup Poso Abdul Muthalib Rimi,SH MH selaku Ketua Harian I Panitia STQ Tingkat Provinsi Sulteng dan juga Ketua LPTQ Kabupaten Poso.
Biaya pelaksanaan STQ yang bersumber dari dana APBD Poso tahun anggaran 2009, serta melalui bantuan Pemprov, bantuan kabupaten se Sulawesi Tengah dan bantuan lainnya, memperebutkan hadiah dari Pemprov dan Pemda Poso serta panitia penyelenggara. “Dimana untuk juara umum memperebutkan piala bergilir Gubernur Sulteng Emas 60 gram, piala tetap Bupati Poso Emas 30 gram. “Khusus untuk pemenang terbaik 1 (pertama) Qori – Qori’ah cabang tilawah, dan juara 1 (pertama) cabang Tafsir 30 Juz dengan nilai tertinggi, panitia STQ akan memberikan ongkos naik haji (ONH) musim haji 2009 – 2010,” tambah Wabup dalam laporan panitia.
Gubernur Sulteng HB Paliudju dalam sambutannya menyampaikan, terima kasih kepada Kabupaten Poso sebagai tuan rumah penyelenggara STQ ke XX tahun 2009, melalui jaminan moral bahwa pelaksanaan STQ akan berjalan aman dan damai. “Sebab semula STQ ini sesuai keputusan untuk menjadi tuan rumah adalah Kabupaten Toli-Toli, namun Toli-Toli menolak karena berbagai hal dan pertimbangan. Akhirnya melalui penawaran dari provinsi, Kabupaten Poso siap dan menyambut baik sebagai tuan rumah dengan waktu yang sangat singkat (pada Januari 2009),” ungkap Gubernur yang juga selaku Dewan Pelindung/Penasehat pada panitia STQ tingkat Provinsi Sulteng.
Kata Gubernur, pelaksanaan STQ ini juga bermaksud sebagai media silaturahim guna membangun keakraban, kekeluargaan dan kebersamaan agar selalu terjalin ikatan persaudaraan yang utuh, dalam upaya memperkokoh persatuan dan kesatuan diantara sesama warga. “Marilah kita jadikan pelaksanaan STQ ke XX kali ini sebagai media kompetisi dan bersaing menjadi yang terbaik secara profesional dan bertanggung jawab khusus kemampuan yang dimiliki bagi para kafilah-kafilah. Sebab dari hasil seleksi yang akan digelar saat ini, kafilah yang terbaik akan mewakili provinsi Sulawesi Tengah ke tingkat Nasional di Jakarta pada tanggal 5 – 11 Juni 2009,” harap Gubernur Paliudju.
Disamping itu, Bupati Poso Drs. Piet Inkiriwang,MM menyatakan rasa bangganya, sebab selain kabupaten Poso sebagai tuan rumah, disini juga (Poso) kita telah menyaksikan ribuan umat melalui kebersamaan saat hadir menyaksikan pembukaan STQ. Olehnya, Bupati Poso berharap kepada seluruh peserta agar bisa menampilkan kemampuan dan keterampilan untuk tampil yang terbaik. “Khusus peserta dari Poso tentunya sebagai tuan rumah, Poso harus bisa menang dengan menampilkan hasil yang terbaik sehingga bisa mewakili provinsi ke tingkat nasional,” tutup Bupati Poso saat memberikan sambutannya.
Pembukaan ini selain dihadiri Gubernur bersama ibu, dihadri pula Sekretaris Umum LPTQ Nasional, Ketua Umum LPTQ Provinsi Sulteng, Ketua MUI Sulteng, serta para Bupati yang ada diseluruh Provinsi Sulteng, para unsur muspida, tokoh agama, masyarakat, adat, pemuda/perempuan, organisasi perempuan, serta ribuan pasang mata yang menyaksikan langsung pembukaan pelaksanaan STQ ke xx tahun 2009 tingkat Provinsi Sulteng.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar