Minggu, 10 Mei 2009

LOMBA KELURAHAN TINGKAT PROVINSI TAHUN 2009 DI POSO

Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang,MM diwakili Sekertaris Daerah Kabupaten Poso Drs.Amdjad Lawasa,MM menghadiri acara Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi di Kelurahan Lawanga Kecamatan Poso Kota Utara, Minggu 10 Mei 2009.
Turut Hadir Pada Acara tersebut, Sekertaris TP-PKK Provinsi Sulawesi Tengah Dra.H.Hasiati Ponulele,M.Kes, Ketua Tim Penilaian Lomba Kelurahan Tingkat Provinsi Drs.Mohamad Nadir bersama Rombongan, Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat Dan Pemerintahan Desa Kab.Poso Drs.Mohamad Yusuf, Kepala Badan Pemberdayaan Perempuan dan Keluarga Kab.Poso dr.Asnah Awad, Kepala Dinas Koperasi dan UMKM Kab.Poso Rusnah Mangun, SE.M.Si, Camat Poso Kota Utara Rizal Lasawedi,SE bersama Unsur Tripika, Tokoh Agama, Tokoh Adat, Tokoh Pemuda,Tokoh Perempuan, serta Undangan Lainnya.
Bupati Poso Drs.Piet Inkiriwang,MM yang diwakili Asisten Pemerintahan dan Kesra Drs.Lambang Bamonturu dalam sambutannya mengatakan bahwa Penetapan Departemen Agama Kabupaten Poso, bahwa K.U.A Kecamatan Lage sebagai wakil dari Kabupaten Poso dalam Lomba Penilaian K.U.A Teladan tingkat Provinsi, merupakan penilaian yang sangat obyektif dan sangat beralasan, dibarengi dengan berbagai upaya-upaya dalam rangka mewujudkan dan menyatakan bahwa K.U.A Kecamatan Lage yang berhak untuk ikut dalam lomba tersebut.
Untuk itu diharapkan kepada K.U.A Kecamatan Lage agar dalam Proses Penilaian nantinya, tetap tenang dan dapat memenuhi semua Kriteria penilaian yang ditentukan, sesuai dengan aturan penilaian agar Proses penilaiannyapun berjalan dengan lancar dan baik agar apa yang diharapkan nantinya dapat terwujud.
Sementara itu, Kepala Kantor Departemen Agama Kabupaten Poso Drs.Nasrudin L.Midu,M.Ag menyampaikan bahwa K.U.A Kecamatan Lage tersebut, baru berjalan 2 tahun yang mana Kantor K.U.A sebelumnya bertempat di Desa Tongko. Namun Kantor K.U.A Kecamatan Lage tersebut terpilih sebagai Wakil dari Kabupaten Poso pada Lomba K.U.A Tingkat Provinsi Sulawesi Tengah.K.U.A Kecamatan Lage tersebut, telah dipersiapkan semaksimal mungkin, setelah kita ikuti seluruh persyaratan-persyaratan yang ada untuk mengikuti Lomba K.U.A Teladan tingkat Provinsi.
Dengan Harapan Yang kiranya nanti setelah Proses Penilaian berakhir pada semua Kabupaten, dapat bersaing dan INSYA ALLAH bisa menjadi peringkat pertama,unggul dan dapat menjadi Perwakilan Lomba K.U.A Teladan tingkat Nasional nantinya.
Kakandepag juga mengatakan bahwa pada tanggal 4-8 mei nantinya diadakan Seleksi TILAWATIL QUR’AN tingkat Provinsi adalah salah satu pembuktian kepada masyarakat luas,bahwa kabupaten Poso telah terjalin kebersamaan antar umat beragama dalam membangun Bumi Sintuwu Maroso yang lebih baik lagi.
Disatu sisi, Ketua Tim Penilaian Lomba K.U.A Teladan Tingkat Provinsi Drs.H.Baharudin Parepai,MM menyampaikan bahwa Tim Penilaian Lomba K.U.A Teladan Tingkat Provinsi ini, Kabupaten Poso khususnya K.U.A Desa Tagolu Kecamatan Lage adalah Peserta yang ke 4 yang telah dikunjungi atau penilaian, setelah Kabupaten Buol, Kabupaten Toli-Toli, dan Kabupaten Parigi Moutong.
Lanjut dikatakan Ketua Tim Penilaian Lomba bahwa sesuai dengan Salah satu Misi Departemen Agama Sulawesi Tengah,yakni terwujudnya kualitas Hidup umat beragama,yang Harmonis, beriman,bertaqwa dan beramal saleh menuju Sulawesi Tengah yang aman, damai adil dan sejahtera.
Secara umum, tugas dari K.U.A Kecamatan adalah memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Sehingga dengan demikian, juga tidak terlepas dari bagaimana K.U.A dalam memberikan amanah-amanah, memberikan bimbingan kepada masyarakat, sehingga masyarakatnya tetap aman, damai, dalam melaksanakan Ibadah sesuai dengan keyakinan masing-masing.
Secara Khusus disampaikan kepada Kepala K.U.A ,agar memiliki keyakinan yang kuat, Kepribadian yang sigap mental, yang baik serta semangat pengabdian yang tinggi untuk melayani umat. Tingkatkan kemampuan atau pengetahuan dengan cara belajar sesuai dengan perkembangan saat ini.manfaatkan sebaik-baiknya pembinaan dalam rangka meningkatkan sumber daya manusia.Agar penghulu supaya berperan aktif dalam membina kerukunan hidup beragama, dan antar umat beragama dengan Pemerintah.serta bersiaplah dalam mengadapi tantangan masa depan, sehingangga perkembangan agama tumbuh secara dinamis didaerah Kabupaten Poso.
Disisi Lain, Panitia Penilaian Kantor Urusan Agama Kecamatan sebagai unit pelayanan Teladan Tingkat Kabupaten Poso Drs.Arifin Tuamaka S.Ag bahwa maksud dan tujuan diadakan lomba tersebut adalah dalam rangka Peningkatan Kualitas K.U.A Kecamatan sebagai Unit pelayanan serta pembinaan kepada masyarakat secara Prima. Memilih K.U.A Kecamatan yang refresentatif berdasarkan Komponen dan Kriteria/Indikator Penilaian standar nasional untuk mewakili Kabupaten Poso, dalam rangka Lomba K.U.A Kecamatan Teladan Tingkat Provinsi.
Visi dari K.U.A Kecamatan Lage adalah terwujudnya Pelayanan yang Prima demi terciptanya kehidupan yang agamis harmonis dan bermartabat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar