Minggu, 10 Mei 2009

Poso Juara Umum Di STQ ke-XX 2009 Tingkat Provinsi Sulteng

Poso - Setelah berlangsungnya pelaksanaan penutupan Seleksi Tilawatil Qur’an (STQ) ke XX tingkat Provinsi Sulawesi Tengah tahun 2009 yang diikuti oleh seluruh kabupaten dan kota yang ada di Sulawesi Tengah yaitu Kabupaten Parimo, Poso, Banggai, Toli-Toli, Morowali, Tojo Una-Una, Buol, Donggala, Banggai Kepulauan, kabupaten Sigi dan Kota Palu, akhirnya Kabupaten Poso dinyatakan sebagai juara umum untuk tingkat provinsi.
Pelaksanaan yang berlangsung sejak tanggal 4 hingga 8 Mei 2009 ini dilangsungkan ditiga tempat area lomba yakni di Lapangan Maroso Poso, di Mesjid Agung Baiturrahman Kelurahan Gebangrejo, dan di Mesjid An-Nur Bonesompe, ditutup langsung oleh Wakil Gubernur Sulawesi Tengah Ahmad Yahya, Selasa malam (8/5).
Dalam hasil penilaian dewan hakim pada penutupan STQ ke XX tahun 2009, kafilah dari Kabupaten Poso yang keluar sebagai juara terbaik umum mengumpulkan total nilai 32, dimana juara I (5 orang), juara II (2 orang), dan juara III (1 orang). Diurutan kedua, kafilah dari Kabupaten Tojo Una-Una total nilai 31, juara I (4 orang), juara II (3 orang), dan juara III (2 orang). Diurutan ketiga, Kabupaten Parimo total nilai 19, juara I (2 orang), dan juara 2 (3 orang). Menyusul diurutan keempat, Kabupaten Donggala total nilai 16, kelima Kabupaten Toli-Toli total nilai 10, keenam Kabupaten Banggai Kepulauan dan Buol masing- masing total nilai 6, diurutan ketujuh Kota Palu total nilai 5, kedelapan Kabupaten Morowali total nilai 1, urutan kesembilan Kabupaten Banggai yang hanya mendapat juara harapan I (1 orang), harapan II (1 orang) dan harapan III (1 orang). Dan juara kesepuluh dari kabupaten yang baru dimekarkan, yaitu Kabupaten Sigi harapan II (1 orang) dan harapan III (1 orang).
Sementara pada pengumuman Pawai Ta’ruf dan Pameran yang dilangsungkan dengan malam penutupan yang dipusatkan di Lapangan Maroso Poso, terbaik satu pada pawai ta’ruf adalah Kabupaten Poso, terbaik dua Kabupaten Touna, dan terbaik tiga Kabupaten Sigi. Dan untuk lomba pameran, juga Kabupaten Poso sebagai terbaik satu, menyusul Kabupaten Banggai diurutan kedua, dan terbaik tiga Kabupaten Parimo.
Saat malam penutupan ini, Wagub Achmad Yahya mewakili Gubernur Sulteng HB Paliudju dalam sambutannya menyampaikan, kegiatan STQ merupakan salah satu sarana untuk terus meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap isi kandungan Al-Qur’an, agar nilai-nilai yang terkandung didalamnya dapat diimplementasikan dan diterapkan dalam kehidupan sehari-hari. Sebab, Ini juga sebagai sarana untuk memotivasi diri, guna meraih sukses dimasa yang mendatang. “Kegagalan itu adalah sukses yang tertunda. Hari esok harus lebih baik,” sajak Wagub
Olehnya Wagub berharap, agar kiranya pada pada Qori’ dan Qori’ah untuk lebih senantiasa mengoptimalkan diri dan mengasa kemampuan secara berkesinambungan. “Mari kita jadikan Al-Qur’an sebagai pola akhlak kepribadian dan perilaku keseharian kita untuk mencapai kehidupan yang bahagia, baik didunia maupun diakhirat kelak. Karena baik buruknya warna kehidupan bangsa ini kedepan, sangat banyak dipengaruhi dan ditentukan oleh keberadaan sosok generasi muda kita saat ini,” harap Wagub Achmad Yahya.
“Begitu pula dengan keberadaan Kabupaten Poso dalam tingkat stabilitas keamanannya yang semakin membaik dan berangsur kondusif, agar perlu dijaga melalui peran swakarsa antara pemerintah daerah bersama seluruh elemen masyarakat. Sehingga dalam kehidupan yang aman dan tertib, dapat tercipta suasana yang harmonis di Kabupaten Poso,” pesannya.
Wakil Bupati Poso Abdul Muthalib Rimi,SH,MH juga mengingatkan, agar kepada para kafilah yang mendapatkan juara pada pelaksanaan STQ tingkat provinsi kali ini, nantinya akan mewakili Sulawesi Tengah ke tingkat nasional di Jakarta pada Juni mendatang (tanggal 5 sampai 11 2009).
Acara Penutupan yang dihadiri oleh Wagub bersama ibu dan Wabup bersama ibu, dihadiri pula oleh para bupati/wakil dari kabupaten se sulteng, para muspida kabupaten, para pejabat kabupaten, serta para tokoh agama, adat, pemuda/perempuan, organisasi perempuan dan seluruh element masyarakat yang menyaksikan penutupan STQ. Serta dilangsungkan dengan penyerahan bonus hadiah dan piala kepada masing-masing peserta lomba, dan penyerahan langsung hadiah ONH senilai Rp. 40 juta dari Pemprov Sulteng kepada masing-masing pemenang terbaik I (satu) Qori’ dan Qori’ah cabang Tilawah Al-Qur’an atas nama Hi. Mohammad Tahir utusan Kabupaten Poso dan Hj. Andi Tenriani utusan Toli-Toli, serta pemenang terbaik I nilai tertinggi cabang Tahfizh 30 Juz kepada utusan Tojo Una-Una

Tidak ada komentar:

Posting Komentar