Senin, 23 Maret 2009

Sosialisasi Kegiatan PT. INA Internasional. Co


Sekkab Pimpin Sosialisasi Kegiatan PT. INA Internasional. Co

Pelaksanaan Sosialisasi Kegiatan PT. INA Internasional. Co dipimpin langsung oleh Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Amjad Lawasa, MM bertempat di ruang rapat Bupati Poso, kamis, 19 Maret 2008.
Kegiatan tersebut dihadiri oleh Asisten Administrasi Ekonomi dan Pembangunan Drs. Moh. Salmin, dan para pejabat instansi terkait diantaranya Kepala Bapedal Kab. Poso Ir. G. Balebu, Kadis Koperasi dan UKM Kab. Poso Rusnah Mangun, SE, MSi, Kadis Peternakan dan Kesehatan Hewan Kab. Poso Ir. Ambrosius Tokare, Dinas Pertanian Kab. Poso, Dinas Kelautan dan Perikanan Kab. Poso, Dinas Kehutanan dan Perkebunan Kab. Poso, Kepala Kantor Perizinan Kab. Poso Rocky J. Babay, SE,Kantor Pertanahan, Kabag Pembangunan Setdakab Poso, Kabag Humas Setdakab Poso Amir Kiat, SH.
Sekretaris Daerah Kabupaten Poso Drs. Amdjad Lawasa, MM dalam lsosialisasi tersebut menyampaikan bahwa kunjungan Presiden PT. INA Internasional. Co merupakan kedua kalinya dan ini merupakan kelanjutan dari kegiatan PT. INA Internasional. Co datang untuk berinvestasi di Bidang Perikanan salah satunya budidaya ikan Sidat dalam bahasa poso dikenal dengan nama Ikan Sogili dan Ikan Sunu, Bidang Pertambangan, Bidang Peternakan salah satunnya peternakan sapi, namun dalam pertemuan kali ini untuk sementara berinvestasi di bidang perikanan dan bidang peternakan, ini menunjukan atensi dan perhatian kita utamanya terhadap instansi yang terkait serta memberikan dukungan yang sungguh-sungguh terhadap PT INA Internasional. Co yang sudah mau berinvestasi, sehingga dapat membuka lapangan pekerjaan., yang mendorong para investor lainnya untuk masuk ke poso menanamkan modalnya dalam bidang yang terkait.
Sementara itu Presiden Direktur PT. INA Internasional. Co Mr. Lien Tim menyampaikan terimah kasih atas sambutan hangat dan dukungan Pemda Poso, bahkan sekitar sebulan yang lalu sudah meninjau lokasi sepanjang pesisir danau poso yang ada di Kec. Pamona Utara kel. Sangele, dan melihat langsung potensi besar dibidang perikanan tersebut sehingga segera melakukan investasi perkembangbiakan ikan sidat yang nantinya akan diexpor ke Negara Asia Timur, china, Taiwan, philipina, dan beberapa Negara Eropa.
Konsumen ikan sidat yang paling besar adalan Negara jepang akan tetapi jenis sidat momerata mereka senang dan suka namun berbahaya karena mengandung racun namun jenis ikan sidat yang ada di Kab. Poso tidak mengandung racun (sehat) bahkan sangat enak dan lezat untuk dikonsumsi.
Kendala yang ditemukan menurut Mr Liem Tim adalah proses logistic lewat udara yang jalurnya panjang, yang mana jalur penerbangan yang ada di poso rute yang digunakan Poso-Palu-Gorontalo, sehingga perlu dibukakan jalur langsung Poso-Makasar-Bali untuk mempersingkat dan mempercepat pengiriman ikan sidat.
Sementara dibidang peternakan permintaan PT INA International Co untuk disiapkan lahan seluas 30 ribu Ha masih menunggu kesiapan tim persiapan lahan agar investasi dibidang peternakan ini juga dapat memberikan andil dalam mempercepat proses pembangunan di bumi sintuwu maroso yang bermuara pada terciptanya masyarakat adil dan makmur.****

Tidak ada komentar:

Posting Komentar